ACPI Battery Detection (Hardy Heron)

ACPI Battery Detection (Hardy Heron)

ACPI Battery Detection (Hardy Heron)

Setelah install Ubuntu 8.04 Hardy Heron (HH) beberapa waktu lalu, ada satu hal yang janggal ketika kita melihat informasi baterai (notebook) melalui gnome-power-manager applet. Sayangnya, saya tidak sempat menangkap screenshot kondisi kejanggalan tersebut sebelum diperbaiki. Coba kita perhatikan gambar berikut:

Gambar tersebut adalah status baterai setelah kejanggalan (baca: bug) ini diperbaiki dan juga merupakan informasi default yang seharusnya keluar. Namun ketika pertama kali diinstall, HH tidak melaporkan informasi ini secara lengkap.Dalam kasus yang saya alami, HH tidak menampilkan informasi Last full charge baterai.

Sehingga jika kita lihat pada gambar tersebut, dimana kapasitas full baterai notebook saya (tinggal) 81% dari Design charge (kondisi baru keluar dari pabrik), HH memberikan informasi Percentage charge-nya pun 81%, seharusnya nilai ini berisi 100% karena kapasitas baterai sudah menurun.
Tujuan dari bug-fix ini adalah kembali mengeluarkan informasi baterai yang lengkap sehingga walaupun kapasitas baterai kita sudah dibawah 100%, HH akan menggunakan nilai kapasitas maximal tersebut sebagai kapasitas 100% (full-charge state) dari baterai notebook kita.Ini merupakan bug di HH yang sudah terdaftar di Launchpad. Fix untuk bug ini sebenarnya hanya dengan menjalankan 3 perintah berikut:
rmmod battery
modprobe battery

Jika ingin dibuat permanen, buat script yang menjalankan perintah-perintah tersebut sehingga dijalankan setiap kali startup. Saya melakukannya dengan membuat init script.