Upgrade ke Firefox 3 dan OpenOffice.org 2.4

Satu hal yang membuat saya masih (atau kepaksa) betah di Fedora 8 adalah masalah kompatibilitas kernel dengan hardware yang saya miliki. Anehnya jika saya mengupgrade kernel ke versi terakhir dari repository (kernel-2.6.25.11-60), usb hub saya bermasalah. Disisi lain saya juga tidak bisa mengcompile beberapa aplikasi yang saya build dari source. Langsung download kernel source dan build kernel sendiri juga membawa hasil dan dampak yang sama.
Akhirnya saya memutuskan untuk mengunci versi kernelnya agar tidak terupdate. Saya melakukannya dengan menambahkan list paket kernel yang tidak ingin saya update di bagian “exclude” pada file konfigurasi “/etc/yum.conf”.

Pada awalnya konfigurasi ini tidak masalah bagi saya, hingga akhirnya Firefox 2.0.0.16 (update terakhir Fedora 8) yang terinstall bermasalah dengan website yang memiliki banyak animasi flash dan javascript. Navigasi di halaman yang mengandung komponen tersebut sangat lambat dan sepertinya Firefox mengambil banyak CPU cycle. Berbekal informasi dari salah satu milis, mereka membahas bahwa ini memang kelemahan Firefox 2 di Fedora 8. Direkomendasikan agar saya upgrade ke Firefox 3.
Akhirnya nambah juga nih list untuk upgrade aplikasi, pertama pengen upgrade OpenOffice.org dari 2.3.0 ke 2.4.1, kemudian Firefox 2.0.0.16 ke 3.0.1. Buka browser, navigasi ke situs resmi kedua aplikasi tersebut, download, nunggu dan selesai deh! Tinggal proses installasinya.
Untuk proses installasi, pertama-tama saya remove OpenOffice.org 2.3.0 dan Firefox 2.0.0.16 bawaan Fedora 8. Installasi OpenOffice.org 2.4.1 tidak ada masalah karena saya langsung mengambil untuk Linux dengan basis distribusi RPM. Tapi untuk install Firefox 3, saya harus melakukan beberapa langkah konfigurasi manual agar Firefox 3 bisa dijadikan browser default untuk system (membuat desktop entry manual di /usr/share/applications dan membuat symbolic link dari /opt/firefox/firefox ke /usr/bin/firefox).
Ok, sekarang saya puas. Fedora 8 saya sudah dibekali dengan OpenOffice.org 2.4.1 dan Firefox 3.0.1. Selesai, tunggu … loh kok Zekr (Al-Quran Study Tool) saya jadi gak bisa load flash player object untuk audionya?! Waduh kenapa lagi nih?! Padahal environment variable MOZILLA_FIVE_HOME nya udah di set ke directory Firefox 3. Terus library flash-playernya juga udah di copy ke directory plugins Firefox 3.
Wah, jadi ada PK (Pekerjaan Kantor, soalnya koneksi internetnya di kantor) nih :D.
  • Akhirnya berhasil juga.

    Flash object di Zekr-nya udah bisa keluar lagi. Solusinya cuma tinggal install ulang plugin flash tapi bukan yang lewat RPM. Harus yang manual lewat distribusi archieve tar.gz.

  • hi kemana aja enggak ada kabarnya , jadi juga LINUX forever 🙂

  • Ada boz, ganti id Y!. Lu add yah!

  • Anonim

    om, aku mu nanya cara install printer canon mp145 di ubuntu 8.04? aku bingung… makasih

  • Gampang om, sebelum colokin printernya, download file berikut:

    cnijfilter-common_2.80-1_i386.deb
    cnijfilter-mp140series_2.80-1_i386.deb
    scangearmp-common_1.10-1_i386.deb
    scangearmp-mp140series_1.10-1_i386.deb

    disitus canon ini:

    http://support-asia.canon-asia.com/EN/search?v%3aproject=AZZ-EN&binning-state=model%3d%3dPIXMA%20MP145menu%3d%3dDownloados%3d%3dLinux&

    Setelah semua didownload dan ditempatkan pada satu directory, masuk ke terminal terus install pake perintah ini:

    $ sudo dpkg -i *.deb

    Setelah itu, baru colokin printernya sampe terdeteksi.

    Udah gitu coba test print, kalo udah keluar berarti udah ok. Scanner bisa ditest lewat GIMP.

    Kalo ternyata masih belum bisa nge-print, coba install paket libtiff dan libpng di ubuntu anda. Tapi anda harus test scannernya juga. Dengan demikian anda tau apa memang cuma gak bisa print tapi udah bisa scan, atau sebaliknya, atau dua-duanya gak bisa.

    Silahkan coba dulu ya …

  • arggghhhhhh
    akhir nya ketemu juga,
    donlot yang dimari :

    http://software.canon-europe.com/files/soft28482/software/scangearmp-common_1.10-1_i386.deb

    not found,